Pengertian Investasi

Pengertian Investasi dan Kenapa Orang Mau Berinvestasi

Siapa sih yang nggak pingin berada dalam kondisi merdeka secara finansial? Aku yakin semua orang menginginkan hal itu. Tapi sayangnya, semua orang belum tentu bisa berhasil.

Meski begitu, kita harus mengusahakannya β€˜kan. Salah satunya adalah dengan berinvestasi. Apa itu investasi dan tujuannya?

Investasi bukan hanya sekedar penanaman modal lho. Ada banyak contoh lain yang pasti kita temukan di kehidupan sehari-hari. Kayak menambah soft skill, membeli barang yang bisa kita manfaatkan jangka panjang dan lain-lain.

Intinya investasi tu semacam menanam modal untuk memberikan keuntungan pada kita di masa depan. Semacam itulah. Atau secara terperinci, kita bisa cek pengertian investasi sebagai berikut.

Investasi adalah

Investasi Adalah

Apa yang dimaksud dengan investasi? Investasi adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan penanaman modal dalam bentuk aset tertentu sehingga nilainya menjadi lebih besar daripada saat awal penanaman modal.

Misalnya, kita menanam modal di unit reksa dana. Dalam beberapa waktu ke depan, kita akan mendapatkan keuntungan dari modal tadi.

Atau menambah soft skill yang kita miliki. Maka, di masa depan soft skill tersebut bisa menjadi cara untuk mencari penghasilan tambahan. Bukankah ini termasuk keuntungan juga?

Biasanya sebagian aset tersebut akan dikelola oleh badan atau lembaga yang sudah mendapatkan kepercayaan dari investor. Kita sering menyebutnya sebagai manajer investasi.

Jaman kemajuan digital seperti saat ini, bahkan kita bisa menemukan banyak sekali aplikasi yang memudahkan kita dalam hal investasi. Mau kita pilih investasi emas, deposito, reksa dana bahkan saham pun sudah ada.

Kupikir emang nggak ada lagi alasan untuk nggak berinvestasi dengan segala kemudahan yang ada. Bener nggak?

Tujuan investasi

Pertanyaannya adalah kenapa orang mau berinvestasi? Pasti ada alasan atau tujuan investasi yang menguntungkan dong. Sehingga, orang-orang mau menyisihkan dana atau waktunya untuk membeli aset.

Kalau mau kita lihat secara sederhana, maka tujuan investasi adalah untuk memberikan keuntungan pada kita untuk kebutuhan di masa depan. Umumnya, banyak orang melihat dalam hal finansial sih.

Tapi, tujuan investasi secara lengkap adalah sebagai berikut:

  1. Menambah aset atau harta kekayaan yang kita miliki,
  2. Punya kondisi finansial yang stabil di masa depan,
  3. Kita bisa memiliki kebiasaan gaya hidup hemat,
  4. Ada dana darurat yang bisa kita pakai sewaktu-waktu,
  5. Mencapai tujuan keuangan di masa depan,
  6. Punya proteksi terhadap aset dari tekanan inflasi, atau menjaga nilai uang dari inflasi.

Kesimpulan dari Pengertian Investasi dan Kenapa Orang Mau Berinvestasi Adalah

Kalau mau mengambil kesimpulan dari pengertian investasi, kita bisa menarik benang merahnya sih. Maksudku, investasi punya komponen yang pasti yaitu:

  1. Ada modal yang perlu kita persiapkan. Nggak perduli seberapa banyak.
  2. Pasti ada asetnya. Boleh dalam bentuk fisik kayak properti, surat hutang dan lain-lain. Atau dalam bentuk lain kayak soft skill.
  3. Jangka waktu. Mau itu jangka pendek atau jangka panjang. Harusnya sih, semakin lama akan semakin meningkatkan keuntungan ya.

Nggak banyak orang yang tahan sama jangka waktunya sih. Aku pun kalau bisa punya keuntungan dalam waktu singkat.

Hal seperti ini bukannya nggak mungkin ya. Cuma, kita memang harus pintar-pintar memilih jenis investasinya. Biar nggak merasa rugi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

21 thoughts on “Pengertian Investasi dan Kenapa Orang Mau Berinvestasi

  1. setujuu, dari waktu aku kuliah udah bermimpi kalau nantinya sudah bisa kerja sendiri, pengen punya tabungan atau berupa investasi
    dan dari zaman kuliah udah pernasaran sama reksadana dan akhirnya kesampaian juga memiliki beberapa reksadana

  2. Menarik sekali penjelasannya. Memang kita berinvestasi pasti ada tujuan tertentu yaitu meraih keuntungan. Tapi harus jeli dalam memilih, bukan untung malah aset melayang

  3. Untuk memulai investasi ini kita memang harus benar-benar cari tahu dan mempelajari investasi itu sih biar nggak gampang tergiur dengan hasil yang besar tapi ternyata investasi bodong

  4. investasi merupakan hal mutlak. Kalau bisa emang sejak dini supaya bisa dipanen kala tua nanti. Investasi juga sekarang sudah macam macam sehingga kita bisa memilih mana yang paling sesuai sih ya

  5. Belakangan ini investasi memang lagi marak. Memang sangat perlu dan penting untuk masa depan.

    Karena itu saya juga ambil investasi reksa dana. Ya, itung-itung biar duit juga gak bablas mulu.

  6. Cara menambah keuntungan di bidang finansial dengan cara asik, selain menabung ya berinvestasi, apalagi aset untuk yang diinvestasikan terbilang banyak juga ya pilihannya. Dan tinggal tentu kan jangka waktunya sesuai kebutuhan

  7. Setiap orang pasti punya rencana yg berhubungan dengan masa depan, apalagi setelah bekerja. Tidak semua gaji di habiskan, paling tidak 30 persen di sisihkan untuk investasi masa depan.

    Investasi bisa berbagai macam spt tabungan jangka panjang, membeli tanah, saham, Ori dkk.

  8. Katanya tahun depan, ada tanda-tanda resesi. Sebaiknya memulai investasi sedini mungkin, agar untuk menghadapi kesulitan ekonomi ke depannya masih bisa di atasi

  9. saya juga sedang mulai belajar untuk investasi, nyesel banget kenapa ga dari dulu tidak melakukan investasi untuk hari tua, untungnya masih belum terlambat, semakin banyak mendengar tentang investasi semakin kuat untuk melakukannya

  10. wah zaman now kayanya sudah lebih banyak yang lebih sadar investasi ya dibanding dulu, bahkan mulai dari anak-anak mudanya dengan berbagai tujuan finansialnya masing2

  11. Saya malah bingung mau investasi apa. Mikirnya investasi propeeti tapi lumayan mahal.. rencana emas tapi belum tahu apakah investasi atau menabung aja hehe

  12. Saya tipe konvensional banget deh
    Investasinya masih yang main aman kayak rumah, tanah dan logam mulia
    Belum berani investasi yang jadi favorit jaman now kayak saham dan sejenisnya itu
    Setuju banget, investasi itu penting dilakukan, manfaatnya akan terasa untuk jangka panjang

  13. Sebelum melakukan investasi memang perlu dipastikan dulu tujuannya untuk apa ya mbak, karena seperti yang kita tahu bahwa investasi ini ada yang hasilnya bisa rasakan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk juga besaran nilainya

  14. Dari dulu pengen bisa investasi tapi masih kepentok dana. Mudah mudahan diberikan kemudahan biar bisa investasi buat masa depan anak anak. Investasi penting dan itu baru saya sadari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *