Cara Cegah Tumit Pecah-pecah

5 Cara Cegah Tumit Pecah-pecah Biar Kaki Tetap Terlihat Cantik

Saat bekerja di Perkebunan Kelapa Sawit, kondisi tumitku sering buruk. Pecah-pecah dan rasanya sakit banget.

Apalagi kalau buat jalan. Mana kerjaanku membuatku harus berjalan sepanjang hari untuk mengawasi pekerjaan lapangan. Jelas, ini sangat mengganggu aktivitasku.

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan kulit bagian tumit pecah-pecah. Salah satunya adalah pengaruh dari perubahan cuaca yang ekstrem.

Kita sebagai cewek merasa kondisi ini juga mengganggu penampilan, khususnya bagian kaki. Rasanya malu banget kalau mau pakai alas kaki yang modelnya terbuka. Kita pasti pilih model alas kaki yang tertutup. Model sepatu gitu deh. Iya nggak sih?

Cara Cegah Tumit Pecah-pecah

Biar kita nggak perlu pilih-pilih kalau mau pake alas kaki. Maka kita perlu cari tahu cara cegah tumit pecah-pecah, sebagai berikut:

1. Jaga Kelembapan Kulit Kaki

Pada kasusku, penyebab tumit pecah-pecah karena cuaca yang ekstrem. Tahu sendiri ‘kan gimana panasnya Kalimantan? Dan pekerjaanku adalah keliling kebun untuk mengawasi pekerjaan lapangan.

Kebayang dong ya gimana tersiksanya kaki ini.  Di tengah cuaca yang panas dan kering.

Oleh karena itu, kita bisa cegah dengan terus menjaga kelembapan kulit kaki. Bisa dengan pakai body lotion. Sehingga tumit nggak terasa kering dan pecah-pecah.

2. Rutin Eksfoliasi Kulit Kaki

Kita juga bisa mencegah tumit pecah-pecah dengan rajin eksfoliasi kulit kaki. Hanya saja yang jadi perhatian adalah kita nggak boleh melakukan eksfoliasi saat kulit kaki kering. Karena ini bisa menyebabkan luka.

Makanya, pastikan kita merendam kaki dengan air hangat dulu sebelum eksfoliasi kulit kaki. Biar kulit kaki bisa lebih rileks dan terasa lebih lembut.

3. Rendam Kaki dengan Air Hangat untuk Cegah Tumit Pecah-pecah

Cara cegah tumit pecah-pecah selanjutnya adalah rendam kaki dengan air hangat. Selain untuk memudahkan eksfoliasi, hal ini juga bisa memberikan relaksasi ke kaki kita. Apalagi kalau habis jalan jauh.

Ada satu hal yang perlu kita perhatikan yaitu suhu air. Semakin panas suhunya bukan berarti semakin bagus. Malah akan menghilangkan minyak alami pada kulit kaki.

Agar bisa memberikan kelembapan ekstra, kita bisa menambahkan bath salt atau essential oil pada air rendaman.

4. Bila Perlu, Pakai Produk Perawatan Ekstra

Kalau kita hanya memikirkan kulit wajah saja yang butuh perawatan ekstra. Maka itu kurang tepat ya. Karena ternyata kulit kaki juga butuh. Apalagi bagi tumit yang sudah terlanjur pecah-pecah.

Kita bisa menggunakan produk perawatan tambahan seperti foot mask. Ini bisa bantu menjaga kelembapan dan proses eksfoliasi kulit.

5. Pakai Alas Kaki yang Bantalannya Nyaman

 

Pilih Sepatu yang Bantalannya Nyaman
Sumber Foto: Website Canva

Kita bisa cegah tumit pecah-pecah dengan hanya memperhatikan pilihan alas kaki. Jangan pilih bantalan alas kaki yang keras ya, Gaes ya! Soalnya bisa nambah gesekan atau tekanan di bagian kaki, terutama tumit.

Aku pernah mengalaminya saat harus mengenakan sepatu boot. Bantalannya keras dan bikin kakiku kapalan. Beberapa kali malah bikin tumitku pecah-pecah dan terluka.

Jadi, pas beli sepatu atau alas kaki yang lain. Kita harus pilih bantalan yang nyaman untuk kaki. Jangan hanya melihat dari harganya yang murah ya. Kalau bikin kaki sakit ya malah nambah biaya perawatan kulit dong.

Cegah Tumit Pecah-pecah Biar Kaki Makin Cantik

Cewek pasti pingin selalu tampil cantik. Bukan hanya terpancar di wajah kita. Tapi kaki juga mulus dan bebas dari pecah-pecah. Sehingga, mau pake alas kaki dengan model apapun nggak akan bikin kita insecure.

Coba deh terapkan beberapa cara cegah tumih pecah-pecah yang sudah kita bahas di atas. Biar kaki makin cantik, sehat terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *