Pancake Kentang Korea

Simpel dan Lezat, Pancake Kentang Korea dengan KRAFT Keju Melt

Aku termasuk salah satu penggemar drama-drama Korea. Kemudian jadi suka juga sama berbagai makanan khas Korea. Cuma cari makanan Korea di Madura itu sulit. Kecuali beberapa makanan instan yang biasa tersedia di minimarket.

Tapi ya harganya lumayan. Kalau buat hidangan untuk sekeluarga jadi agak berat juga dari segi keuangan. Terus gimana solusinya?

Ya bikin sendiri di rumah. Ambil yang resepnya simpel saja. Kalau mungkin, bahannya pakai  bahan-bahan lokal. Salah satunya adalah hotteok kentang atau pancake kentang ala Korea.

Masak Bareng Sahabat Seperjuangan

Di rumah ada temen seperjuangan yang lagi main. Jadi aku ajak saja dia untuk masak bareng. Yah, meski hanya cemilan doang sih. Sekalian mengisi waktu bersama biar nggak cuma ngeghibah doang di rumah. Terus hasil masakannya nanti bisa kami makan sambil nonton drakor alias drama Korea. Seru pasti ya?

Temenku ini adalah temen dari zaman kuliah. Terus sekarang kami sama-sama melakoni profesi sebagai blogger. Karena itu kami jadi sering ngumpul, buat cari inspirasi, nongkrong, juga untuk sekedar ngobrol.

Yang belum pernah kita lakuin bareng itu ya masak sih. Dalam artian masak yang serius. Di mana kami bener-bener hunting resep, belanja bahan, sampai memikirkan alat yang mau kita pakai. Dan ternyata, masak bareng sahabat itu menyenangkan juga.

Karena ternyata, memasak itu bisa jadi alternatif jeda dari menulis. Kita bisa melupakan sejenak berbagai deadline menulis yang sudah menumpuk.

Hottoek Kentang: Pancake Kentang Ala Korea

Challeng Pasti Leleh

Hottoek itu merupakan pancake ala Korea yang biasanya diisi dengan selai kacang. Bahan utamanya tepung ketan dan terigu. Ditambah gul, susu, dan ragi. Makanan ini populer di Korea sebagai kudapan. Karena rasanya yang manis dan begitu nikmat dimakan selagi hangat.

Tapi hottoek ini bisa kita modifikasi kok. Misal, bahannya kita ganti pakai kentang dan isiannya keju. Jadi, cara pembuatannya lebih simpel dan cepat. Nggak perlu ada proses peragian juga.

Oh iya, aku nggak bikin modifikasi sendiri lho. Aku juga meniru dari salah satu youtuber Korea kok.

Kenapa aku lebih memilih membuat pancake kentang korea hasil modifikasi? Berikut beberapa alasannya.

1.  Simpel dan Mudah Dibuat

Alasan yang paling utama karena simpel banget. Bahannya itu Cuma 4 saja. Kentang, tepung beras, gula, dan keju.

Cara membuatnya pun mudah dan cepat. Jadi, pancake kentang korea ini bisa jadi resep cemilan sehat yang anti gagal. Di mana siapa saja bisa membuatnya. Termasuk aku yang nggak terlalu pintar masak.

2. Kudapan Bernutrisi

Nggak cuma simpel dan mudah. Pancake kentang Korea juga bisa jadi kudapan atau camilan yang bernutrisi karena bahan utamanya adalah kentang.

Kentang itu adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks. Yaitu karbohidrat dengan susunan kimia yang lebih rumit dibandingkan karbohidrat sederhana. Sehingga proses pencernaannya dalam tubuh jadi lebih lambat. Karena itu karbohidrat kompleks dipandang lebih sehat.

Tak hanya itu, kentang juga mengandung serat dan nutrisi lainnya. Seperti protein, kalium, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan zat besi.

3. Rasanya Lezat

Beneran deh, pancake kentang korea ini rasanya lezat banget. Perpaduan rasa kentang dan kejunya itu nyatu banget. Manis dan gurih. Pokoknya beneran bikin nagih. Emakku saja yang jarang makan keju juga bilang kalau rasanya enak.

Pancake Kentang Korea dengan KRAFT Quick Melt

Kalau Teman-teman penasaran sama rasa dari pancake kentang Korea ini. Teman-teman bisa membuatnya juga di rumah. Sini kukasih tahu resepnya.

1. Alat dan Bahan

Cemilan 3 Menit Meleleh

Bahan untuk membuat pancake kentang korea ini mudah banget. Hanya kentang rebus 300 gr, gula pasir 2 sdm, tepung beras atau terigu 3 sdm, dan keju.

Untuk alat, kalau di Korea ada alat khususnya. Semacam alat pres gitu. Bahannya stainless berbentuk bulat dengan pegangan kayu. Tapi Teman-teman nggak perlu susah mencarinya. Kita bisa pakai spatula yang ada di rumah kok.

2. Cara Membuat

Berikut langkah-langkah membuat pancake kentang Korea yang super simpel.

  • Kupas kentang, potong dadu, lalu rebus selama 25 menit dengan air secukupnya.
  • Haluskan kentang. Teman-teman bisa pakai alat apa saja yang ada di rumah. Kalau aku pakai cobek dan ulenan. Menghaluskannya saat kentang masih hangat ya biar lebih mudah.
  • Selanjutnya, tambahkan gula, tepung beras atau terigu. Aduk ketiganya sampai merata.
  • Kalau adonan sudah jadi. Bulatkan adonan sebanyak 1,5 sdm. Jangan lupa isi dengan keju parut atau keju yang sudah dipotong kecil-kecil. Kejunya pakai KRAFT Quick Melt, ya.
  • Selama membulatkan adonan, jika dirasa adonan terlalu lengket ke tangan. Taburi adonan dengan tepung beras.
  • Jika adonan sudah dibentuk, tinggal digoreng dalam minyak panas. Nah, pas lagi digoreng ini, tekan adonan dengan spatula supaya bentuknya bulat pipih menyerupai bentuk pancake.
  • Jadi deh. Pancake kentang Korea siap kita nikmati bersama keluarga.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yuni BS (@sriiwahyunii1504)

Keunggulan KRAFT Quick Melt

Keunggulan Kraft Quick Melt

Mungkin Teman-teman penasaran. Kenapa sih aku merekomendasikan KRAFT Quick Melt?

Sebenarnya, ada banyak alasan. Pertama KRAFT sendiri merupakan merk keju yang sangat populer di Indonesia. Baik dari segi rasa maupun kualitas.

Kedua, KRAFT Qucik Melt itu mudah dikreasikan dengan segala jenis makanan. Sesederhana apapun makanannya. Kalau kita kreasikan dengan keju KRAFT Quick Melt. Makanan tersebut akan jadi lebih nikmat dan mewah.

Ketiga, KRAFT diformulasikan secara khusus sehingga memiliki 3 keunggulan utama. Sehingga memasak dengan KRAFT dijamin nggak bakalan gagal. Apa saja 3 keunggulan tersebut?

  1. KRAFT Qucik Melt ini, dalam 3 menit saja sudah bisa meleleh dengan baik.
  2. Teskturnya juga sempurna. Jadi nggak cuma meleleh saja. Tapi teksturnya juga nggak terlalu encer. Terus menurutku juga lembut dan halus. Pas nyampe di mulut itu, kejunya langsung melting banget gitu.
  3. Rasanya juga nggak perlu diragukan, lezat dan gurih khas keju.

So, mulai sekarang. Kalau mau membuat berbagai kreasi makanan berbahan keju. Pakai saja KRAFT Quick Melt, ya.

Lezatnya Hottoek Kentang Isi Keju

Pancake kentang korea isi keju ini paling nikmati disajikan pas lagi hangat. Makin nikmat lagi dimakan sambil nonton drakor. Vibes Koreanya pasti bakalan lebih terasa.

Cuma ya nggak harus selalu begitu. Teman-teman juga bisa kok menikmatinya bersama keluarga dan teman sambil bersantai. Apalagi jika isiannya pakai keju KRAFT Quick Melt yang cepat meleleh dan teksturnya lembut.

Cara membuatnya juga super simpel. Seperti yang sudah aku jelaskan di atas. Jadi, selamat mencoba!

3 thoughts on “Simpel dan Lezat, Pancake Kentang Korea dengan KRAFT Keju Melt

  1. Wah gampang nih bikinnya. Adonannya mirip perkedel ya. Kalau dikasih keju Kraft Quick Melt gitu pasti gurih banget deh. Ambil lagi…lagi…lagi…Yum yum…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *